5 Tanda Teman Curhat yang Baik

5 Tanda Teman Curhat yang Baik

Rasa-rasanya tak ada orang yang tak memiliki permasalahan dalam hidup ini. Permasalahan yang dapat menjadi berat jika kita menopangnya sendiri. Ada kalanya kita butuh berbagi untuk sekedar meluapkan perasaan yang membebani. Selain mengurangi beban kita, berbagi cerita dengan orang lain juga dapat memberikan sudut pandang baru dalam permasalahan tersebut. Bisa jadi dari sudut pandang tersebut kita dapat menemukan solusinya. Dalam memilih teman berbagi cerita tentu kita membutuhkan teman yang dapat dipercaya. Teman yang baik yang mau mendengarkan keluh kesah kita. Setidaknya ada 5 tanda bahwa Anda memiliki teman curhat yang baik. Berikut 5 tanda tersebut.    
                     
1. Pendengar yang baik
Teman yang mau menjadi pendengar yang baik akan bersedia mendengarkan permasalahan kita dari awal hingga akhir. Pendengar yang baik cenderung mau memahami perasaan yang sedang kita alami. Mereka tidak langsung menghakimi tanpa memberi kita kesempatan untuk menjelaskan lebih dalam. Oleh karena itu, pastikan bahwa teman curhat Anda merupakan pendengar yang baik. 

2. Dewasa dan bijaksana
Orang yang dewasa dan bijaksana dapat memandang permasalahan dengan sudut pandang yang lebih luas. Mereka tidak hanya melihat permasalahan tersebut namun juga menganalisa latar belakang, penyebab terjadinya permasalahan tersebut. Dari sudut pandang yang lebih luas, mereka akan memberikan saran positif dari permasalahan tersebut. 

3. Pandai menjaga rahasia
Berbagi cerita kepada orang lain tentu bukan ingin menyebarkan permasalahan pribadi kita ke orang banyak. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki teman curhat yang dapat dipercaya. Mereka akan menjaga rahasia pribadi kita sehingga tak semua orang tahu privasi Anda. 

4. Memahami sisi psikologis
Teman yang mampu memahami sisi psikologis Anda akan mampu menempatkan diri sesuai dengan permasalahan yang Anda hadapi. Mereka akan lebih simpatik dan empati terhadap posisi diri Anda dalam permasalahan tersebut. Dengan begitu, mereka dapat merasakan dan memberikan solusi dari yang terbaik bagi Anda. 

5. Survivor
Seorang survivor merupakan teman yang berpengalaman merasakan jatuh bangun dan bertahan dalam posisi sulit. Seorang survivor cocok menjadi teman curhat karena memiliki banyak pengalaman merasakan permasalahan yang ada. Mereka cenderung dapat memberikan solusi positif terhadap permasalahan yang sedang Anda hadapi. 

Teman curhat yang baik dapat menjadi teman yang baik yang dapat menemani dalam keadaan susah dan senang. Oleh karena itu, sebaiknya benar-benar memilih untuk mendapatkan teman curhat yang baik. Karena hal ini menyangkut hal privasi dalam diri kita. Untuk mendapatkan teman yang baik, Anda harus juga menjadi teman yang baik untuknya.
Title : 5 Tanda Teman Curhat yang Baik
Description : Rasa-rasanya tak ada orang yang tak memiliki permasalahan dalam hidup ini. Permasalahan yang dapat menjadi berat jika kita menopangnya...

1 Response to "5 Tanda Teman Curhat yang Baik"