4 Tips Praktis Dalam Menulis

4 Tips Praktis Dalam Menulis
Menulis mungkin belum menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Banyak halangan hingga kebosanan saat kita menulis. Padahal membaca dan menulis adalah dua kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan secara pesat. Lalu, bagaimana agar menulis dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan? Terutama bagi kita yang masih duduk sebagai pelajar dan mahasiswa. Berikut ini ada 4 tips praktis dalam menulis.

Jangan Mengedit Saat Menulis
Ketika menulis sebaiknya hindari mengedit. Tulis saja apa yang ada dalam pikiran hingga tuntas. Ide tulisan bisa datang dan pergi sesuka hati. Oleh karena itu, fokus saja menulis ide tanpa memikirkan mengedit. Setelah tuntas apa yang Anda tuliskan, barulah lakukan proses penyuntingan. 

Mendengarkan Musik yang Sesuai dengan "Suasana" Tulisan 
Sebaiknya dengarkan musik yang sesuai dengan suasana tulisan yang sedang Anda buat. Lebih dianjurkan lagi jika mendengarkan musik tanpa lirik atau instrumental. Hal ini bertujuan agar Anda lebih fokus dalam menulis tanpa terbagi pikiran dengan lirik lagu.

Menulis di Bloknot (Notepad)
Menulis di bloknot (notepad) bisa membantu Anda untuk menulis atau membuat draft lebih efektif. Menulis di bloknot (notepad) dapat mengurangi gangguan dari halaman sebelumnya. Berbeda dengan kebiasan menulis di buku tulis yang harus membuakanya secara horisontal dengan membolak-balikkan halaman.


Berhentilah Menunda
Ketika muncul ide menulis, jangan menunda untuk segera menulis. Jangan menunda akan menulis di malam hari jika Anda memiliki ide di pagi hari dan waktu yang yang cukup untuk menulisnya. Sebaiknya segera tulis saja apa yang Anda pikirkan saat ini. 

Tips praktis menulis diatas adalah sebagian kecil tips praktis yang dapat Anda ciptakan sendiri. Karena setiap orang memiliki kondisi nyaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kenali cara menulis Anda sendiri kemudian lakukan untuk membuat tulisan semakin bagus dan produktif.
Title : 4 Tips Praktis Dalam Menulis
Description : Menulis mungkin belum menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Banyak halangan hingga kebosanan saat kita menulis....

1 Response to "4 Tips Praktis Dalam Menulis"

  1. sama-sama om..... Menurut pengalaman pribadi sih emang lebih lancar aja pas nulis om.... selamat mencoba...

    BalasHapus