Cara Praktis Atasi Marah Dalam 60 Detik

Marah merupakan luapan emosi yang negatif dan terkadang membuat orang kesulitan mengontrol diri. Setiap orang pasti pernah marah, namun yang membedakannya adalah cara mengendalikan emosi tersebut. Rasa marah yang tak terkendali dapat menyebabkan hal negatif yang merugikan. 

Cara Praktis Atasi Marah Dalam 60 Detik

Orang yang kuat adalah orang yang berhasil mengendalikan amarahnya. Orang yang dapat mengatasi marahnya akan memiliki tubuh yang lebih sehat, teman yang lebih akrab, dan pergaulan yang luas. Bahkan, marah dapat menentukan kesuksesan seseorang. Orang yang tidak mudah marah cenderung lebih sukses dibandingkan orang yang suka marah. 

Tentu Anda ingin jadi orang sukses bukan? Oleh karena itu, atasi marah! Berikut cara praktis atasi marah dalam 60 detik.

1. Diam saat marah

Saat marah, alangkah lebih baiknya tahan pembicaraan, lalu diam. Jika dalam 10 detik Anda masih marah, sebaiknya hentikan pembicaraan atau ganti topik pembicaraan. Berbicara saat marah hanya akan memperkeruh suasana karena ucapan yang menyakiti.

2. Jauhi sumber penyebab

Langkah selanjutnya, jauhi penyebab marah agar tak semakin terprovokasi. Jika orang yang membuat Anda marah di depan Anda, sebaiknya menghindar dengan pergi jauh. Dengan menjauhi sumber maka mengontrol marah akan lebih mudah dan meminumalkan pelampiasan emosi yang tak terkendali.

3. Ubah posisi tubuh

Jika Anda marah dalam keadaan berdiri, maka ubah posisi dalam keadaan duduk. Jika dalam keadaan duduk maka ubah berbaring. Hal ini untuk menghindarkan orang yang marah melampiaskan kemarahannya. Posisi yang lebih rnedah membuatnya lebih mudah mengontrol emosi. Jika Anda masih juga emosi maka ambilah air wudhu. Basuhan air pada wajah dapat membuat lebih tenang. 

4. Tarik nafas

Setelah posisi tubuh lebih tenang, selanjutnya tarik nafas dalam-dalam. Lakukan selama 5-10 detik untuk menenangkan pikiran. Pikiran yang berangsur jernih akan mengembalikan logika, akal sehat kita dan menutupi emosi. 

5. Tersenyum

Senyum memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menurunkan tekanan darah, senyum juga dapat memicu produksi endorfin dalam tubuh sebagai senyawa penawar rasa sakit. Saat marah, tekanan darah meningkat, sehingga dengan tersenyum tekanan darah dapat berangsur normal. Selain itu, senyum juga melahirkan pikiran positif dan relaksasi.

6. Pikirkan nilai

Setelah Anda bisa tersenyum, selanjutnya pikirkan nilai yang didapat dengan menahan emosi. Anda tak merugikan orang lain, persahabatan terjaga, integritas Anda tak luntur, dan tentunya dalam Islam, Anda dijanjikan mendapat pahala yang istimewa. 

7. Selesaikan

Terakhir, segeralah minta maaf dan seleseikan permasalahan yang terjadi. Berpikirlah dengan logika dan akal sehat saat memutuskan sesuatu. 

Cara Praktis Atasi Marah Dalam 60 Detik

Kesimpulan
Marah adalah sikap yang merugikan sehingga sangat disarankan untuk dihindari. Jika Anda terpancing untuk marah maka segera kendalikan. Caranya dengan melakukan ketujuh hal diatas. Semakin Anda ahli mengendalikan marah, maka waktu Anda untuk mengatasi marah akan semakin singkat. Sehingga suatu saat tak mencapai hitungan 60 detik pun, Anda dapat mengatasi marah Anda.
“Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”, Thomas Jefferson.
Title : Cara Praktis Atasi Marah Dalam 60 Detik
Description : Marah merupakan luapan emosi yang negatif dan terkadang membuat orang kesulitan mengontrol diri. Setiap orang pasti pernah marah, namun yan...

0 Response to "Cara Praktis Atasi Marah Dalam 60 Detik "

Posting Komentar