Cara Menyusun Mimpi Secara Spesifik Untuk Meraih Kesuksesan

Mimpi merupakan proyeksi mengenai apa yang ingin dilakukan oleh seseorang, dan menjadi harapan awal dari tujuan hidup seseorang itu. Mimpi juga merupakan faktor pendorong kuat yang menyemangati seseorang dalam melewati rintangan-rintangan yang dihadapi selama perjalanan meraih mimpi. Jika mimpi itu diiringi kerja keras, akan tercipta kesempatan untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Namun, tidak semua orang mampu mengelola dan mengarahkan diri serta mimpi besarnya mencapai kesuksesan. Terutama, jika jarak antara mimpi besar dan kondisi yang sedang dijalani cukup jauh.

“Untuk mewujudkan mimpi besar menjadi sebuah kesuksesan, harus terus memotivasi diri dan susun mimpi secara spesifik , agar dapat berada di zona yang tepat saat mengambil tindakan nyata untuk menggapai mimpi,” papar psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli, MPsi, atau akrab disapa Vera, saat peluncuran program Dream Big yang digelar oleh PT 3M Indonesia melalui produk Post-it Brand. Vera melanjutkan, bermimpi merupakan bagian yang termudah, sementara kesulitan serta tantangannya justru terletak pada bagaimana memulai tindakan dan berkomitmen penuh untuk mencapai mimpi itu.

Saat seseorang telah mampu menyusun mimpinya secara spesifik , maka ia akan lebih mudah berada pada zona yang tepat menuju mimpinya.Pakar psikolog Albert Bandura, kata Vera, menyebutkan ada beberapa strategi efektif dalam meraih mimpi. Seperti memilihrole model atau panutan yang kesuksesannya menggambarkan mimpi seseorang, sehingga dirinya mau terus termotivasi. "Ketika berada dalam jalur itu, ia akan secara total melibatkan dirinya dalam kegiatan mencapai mimpi, fokus, memegang kendali atas dirinya, produktif, bahkan selalu menantang dirinya untuk semakin terampil,” terang Vera. Vera mendorong Anda untuk menantang diri sendiri untuk berada dalam zona yang tepat, dengan menyusun mimpi secara spesifik sehingga dapat mencapai performa yang optimal.

Untuk menyusun mimpi secara spesifik , Vera memberikan tips agar kaum muda dapat menetapkan tenggat waktu atau kontrak diri dalam menentukan langkah-langkah untuk mewujudkannya. Misalnya, dengan menetapkan tenggat waktu dalam 90 hari. Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain:
  1. Membuat rencana untuk mewujudkan mimpi, mulai dari langkah yang kecil tapi pasti.
  2. Susun keinginan tersebut menjadi tujuan-tujuan jangka pendek.
  3. Rancang rencana strategis untuk mencapai tujuan jangka pendek tersebut.
  4. Lakukan dan implementasikan rencana tersebut.
  5. Terus evaluasi hasil, serta langkah yang telah dilakukan.
Vera menandaskan, "Jadi, jangan pernah takut bermimpi!" Nah, sudahkah Anda memiliki mimpi besar yang siap diwujudkan untuk masa depan?


Title : Cara Menyusun Mimpi Secara Spesifik Untuk Meraih Kesuksesan
Description : Mimpi merupakan proyeksi mengenai apa yang ingin dilakukan oleh seseorang, dan menjadi harapan awal dari tujuan hidup seseorang itu. Mimp...

0 Response to "Cara Menyusun Mimpi Secara Spesifik Untuk Meraih Kesuksesan"

Posting Komentar