Membangun Kepercayaan Diri Untuk Kesuksesan

Kesuksesan tidak dapat diraih dengan hanya bermodalkan harta dan kekayaan. Ada modal penting yang harus dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan. Yaitu dengan kepercayaan diri. Orang yang percaya diri akan cenderung lebih tahan banting mengerjakan sesuatu. Pantang menyerah dan selalu berusaha untuk lebih baik. Keuletan inilah yang membawanya pada kesuksesan. Lalu bagaimana membangun kepercayaan diri. Berikut ini beberpa hal yang dapat dilakukan agar kepercayaan diri meningkat.

1. Asah Kemampuan
Selalu asah kemampuan danpengetahuan akan berbagai hal. Wawasan yang luas merupakan modal awal bagi seseorang untuk percaya diri. Semakin luas wawasannya maka tingkat percaya dirinya akan meningkat karena tak ada rasa ragu untuk bertemu dan berbincang dengan orang lain.

2. Tersenyum
Jika Anda sedang nervous, grogi atau kurang percaya diri tampil di depan umum, maka tersenyumlah. Senyum merupakan jurus ampuh meningkatkan percaya diri karena membuat aura Anda menjadi positif. Senyum melepaskan hormon endorphin yang membuat rasa nyaman, meningkatkan sirkulasi darah di wajah sehingga munculah perasaan positif dan nyaman.

3. Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Menatap mata lawan bicara secara langsung menghilangkan rasa takut saat berbicara. Setelah rasa takut hilang, Anda lebih percaya diri untuk mengungkapkan gagasan, ide kepada lawan bicara. Kontak mata dapat mendekatkan Anda dengan lawan bicara.

4. Lupakan Standar Orang Lain
Bangunlah standar Anda sendiri dan jangan mengikuti standar orang lain. Karena apa yang nampak di mata kita, tak sama dengan apa yang tak nampak. Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Tentukan standar Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Setiap capaian yang Anda miliki maka akan semakin membuat rasa percaya diri Anda meningkat.

5. Penampilan Rapi
Tampil rapi tak harus dengan pakaian mahal dan baru. Rapi mengindikasikan kebersihan dan perawatan terhadap penampilan. Kerapian meliputi pakaian, wajah, rambut, atau riasan Anda. Dengan memastikan apa yang Anda kenakan rapi, akan meningkatkan kepercayaan diri di muka umum. 

6. Berdoalah dan Bersyukur
Berdoa adalah salah satu cara membuat perasaan Anda tenang. Ungkapkan rasa syukur Anda atas semua pemberianNya dan berdoalah memohon ditenangkan hati dan diberikan kekuatan untuk menghadapi hari-hari Anda. Doa adalah kunci ketenangan dan syukur adalah kunci penerimaan. Maka lakukan kedua hal ini untuk meningkatkan rasa tenang dan percaya diri.

7. Bicaralah dengan Jelas
Ketika berbicara maka berbicaralah dengan jelas. Ucapkan kata dengan perlahan sehingga menenangkan adrenalin Anda. Jika adrenalin Anda telah nyaman dengan ritmenya itu artinya Anda percaya diri di muka umum. Berbicara terlalu cepat membuat lawan bicara mengekspresikan rasa tidak nyaman sehingga akan membuat kepercayaan diri menurun. 

8. Berkontribusi
Cobalah berkontribusi dalam hal apapun untuk melatih kepercayaan diri. Bisa mengutarakan gagasan dalam kelompok atau ambil bagian membantu mengerjakan sesuatu. Berlatih dengan berkontribusi akan meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan berbagai hal dan berhubungan dengan orang lain.

9. Positif Thinking
Menilai segala sesuatu dari sudut pandang positif akan membuahkan nilai yang positif. Nilai yang positif inilah yang akan membuat rasa percaya diri kita meningkat dengan signifikan. Maka jaga selalu pikiran positif ini dan abaikan pikiran negatifnya.

10. Disiplin Diri
Orang akan kehilangan rasa percaya diri jika melakukan sesuatu yang kurang tepat. Siapkan situasi yang membuat Anda nyaman dari hal-hal yang mudah. Caranya dengan mendisiplinkan diri, contohnya, tidak datang terlambat, tidak lupa mengerjakan atau membawa sesuatu. Rasa percaya diri akan meningkat jika Anda telah mempersiapkan diri dengan membiasakan disiplin.

11. Bahasa Tubuh yang Baik
Posisikan bahasa tubuh Anda dengan baik ketika berhadapan dengan orang lain. Orang yang bahunya merosot, wajahnya turun, gerakannya lesu dapat mengindikasikan bahwa orang itu tak percaya diri. Ubahlah posisi duduk, posisi berdiri dan posisi berbicara dengan bahasa tubuh yang positif sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

12. Olah raga
Olahraga mengajarkan kita untuk disiplin merawat tubuh agar lebih sehat dan prima. Dengan tubuh yang bugar, prima dan berenergi maka akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam melakukan sesuatu. 


Title : Membangun Kepercayaan Diri Untuk Kesuksesan
Description : Kesuksesan tidak dapat diraih dengan hanya bermodalkan harta dan kekayaan. Ada modal penting yang harus dimiliki seseorang untuk meraih ...

0 Response to "Membangun Kepercayaan Diri Untuk Kesuksesan"

Posting Komentar