Ayo Tingkatkan Kemampuan Otak Anda!

Ayo Tingkatkan Kemampuan Otak Anda!

Otak adalah aset luar biasa yang dimiliki oleh setiap manusia. Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk meningkatkan kemampuan otak. Bedanya, ada yang giat menjaga dan merawatnya sehingga kemampuan otak selalu bertambah bahkan hingga tua dan ada yang tidak. Menjaga otak, artinya menjaga hubungan antara sel neuron dalam otak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan matinya sel neuron ini seperti rokok dan alkohol. Matinya sel-sel neuron akan menyebabkan kemampuan otak menurun. Untuk meningkatkan kemampuan otak, kita harus melalakukan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung kemampuan tersebut. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak.

1. Sikap positif dan optimis
Seseoarang yang bersikap positif cenderung memandang segala sesuatunya dengan sudut yang berbeda. Mereka tidak hanyut dalam permasalahan yang menguras energi dan waktu, melainkan mereka berpikir solusi kedepan agar lebih baik. Begitu pula sikap otimis. Mereka memandang kehidupan dengan baik. Mereka yakin dengan kerja keras dan kerja cerdas maka kehidupan ke depan akan berjalan dengan lebih baik. Kedua sikap ini merupakan modal awal untuk meningkatkan kemampuan otak. Orang yang berpikir negatif dan selalu pesimis akan membuat proses penuaan semakin cepat dan kemampuan otak menurun lebih cepat.

2. Menjadi Pembelajar Sejati
Otak merupakan organ yang terus tumbuh seiring dengan penggunaannya. Semakin sering digunakan maka kemampuan otak akan meningkat. Oleh karena itu, diperlukan sikap pembelajar sejati agar otak terus digunakan dan diasah kemmpuannya. Belajar bukan hanya milik anak-anak dan remaja, namun juga penting ketika kita telah dewasa dan tua. Belajar tak akan pernah usai karena ilmu tak terbatas jumlahnya. Proses belajar akan menghubungkan neuron-neuron otak. Semakin banyak neuron terhubung maka semakin tinggi kemampuan otaknya. 

3. Olahraga fisik dan mental
Olahraga untuk meningkatkan kemampuan otak tidak hanya dilakukan secara fisik saja namun juga secara mental. Olahraga yang dilakukan secara fisik dapat membunuh zat kimia penyebab stress dalam tubuh sehingga ketika stress hilang, kemampuan perencanaan dan memecahkan masalahnya semakin meningkat. Hal ini tentu mencegah resiko demensia ketika tua. Pilih olahraga yang Anda suka dan lakukan secara teratur. Sedangkan olahraga mental berperan dalam menguatkan pikiran. Olahraga mental membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang tinggi sehingga otak dipacu untuk bekerja lebih ekstra. Olahraga mental yang dapat Anda lakukan adalah bermain catur atau mengisi teka-teki silang.

4. Pola makan untuk otak
Pola makan yang baik adalah pola makan yang dijaga secara teratur dengan konsumsi makanan yang bergizi dan menghindari fast food dan junk food. Jangan lupa juga untuk menjaga kecukupan air dalam tubuh. Karena kekurangan gizi dan cairan sangat berpengaruh terhadap kestabilan otak dan kebutuhan sel-sel neuron. Makanlah dalam porsi yang cukup sesuai kebutuhan dan cukupi kebutuhan buah dan sayur.

5. Istrahat yang cukup
Istirahat merupakan kebutuhan tubuh dan otak. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan ritme kerja otak secara maksimal dan menghidari stress akibat kurang tidur. Selain tidur, meditasi juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Meditasi membuat tubuh menjadi rileks, pikiran menjadi tenang sehingga otak dapat bekerja secara optimal. Meditasi juga efektif untuk mencegah penuaan, mengatasi stress dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. 

6. Membaca dan belajar bahasa baru
Jika Anda ingin kemampuan otak Anda meningkat maka bisakan untuk membaca. Selain menambah pengetahuan dan melatih kemampuan berpikir, membaca juga dapat digunakan untuk meningkatkan kosa kata Anda. Selain itu, Anda juga harus mulai untuk belajar bahasa baru. Belajar bahasa yang baru akan menambah kemampuan otak Anda untuk beradaptasi. Pelajari bahasa-bahasa asing atau bahasa daerah sebanyak-banyaknya.


Kemampuan otak pada dasarnya tak akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Justru jika kemampuan otak selalu dilatih dan digunakan, semakin bertambahnya usia akan bertambah pula kemampuan otak Anda. Oleh karena itu, jaga dan latih kemampuan otak Anda sejak dini.
Title : Ayo Tingkatkan Kemampuan Otak Anda!
Description : Otak adalah aset luar biasa yang dimiliki oleh setiap manusia. Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk meningkatkan kemampuan ot...

0 Response to "Ayo Tingkatkan Kemampuan Otak Anda!"

Posting Komentar