Hindari 5 Sikap Pelemah Motivasi Diri

Hindari 5 Sikap Pelemah Motivasi Diri

Motivasi diri merupakan faktor yang penting dalam menjaga kita untuk terus meraih kesuksesan. Merupakan hal yang manusiawi ketika motivasi diri naik dan turun. Namun, yang perlu diwaspadai jika terlalu lama motivasi turun, dapat mengakibatkan semakin lemah hasrat untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga motivasi diri. Caranya dengan meningkatkan segala hal yang dapat meningkatkan motivasi dan menghindari sikap yang menyebabkan lemahnya motivasi diri. Berikut ini 5 sikap yang perlu Anda hindari agar tidak melemahkan motivasi diri Anda. 


1. Membandingkan diri dengan orang lain
Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan membandingkan diri dengan orang lain, apalagi hanya berfokus pada kelebihannya. Bukankah rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau? Oleh karena itu, berfokuslah pada kelebihan diri Anda sendiri dan kurangi kelemahan. Introspeksi diri Anda, jangan membandingkan diri. 

2. Mencari alasan untuk tidak mengerjakan
Terlalu banyak alasan hingga mencari-cari alasan akan membuat diri Anda lemah motivasi. Hal ini akan membuat Anda semakin sering menunda mengerjakan suatu pekerjaan. Mencari-cari alasan biasanya diakibatkan rasa malas yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu, segera atasi jika Anda telah mengalami tanda-tanda malas dan sering mencari alasan.

3. Mengharap hasil yang sempurna
Mengharap hasil yang sempurna dapat menjadi boomerang bagi motivasi diri kita. Hal ini bisa menjadi sebab kekewaan yang mendalam dan berakibat pada melemahnya motivasi diri. Oleh karena itu, hindari juga sikap mengharapkan yang sempurna ini. Ganti dengan melakukan hal terbaik, menerima hasil dan mengevaluasinya untuk lebih baik lagi. 

4. Berfokus pada kekurangan diri
Terlalu berfokus pada kekurangan diri juga dapat menjadi sebab melemahnya motivasi diri. Hal ini akan membuat kita senantiasa rendah diri. Sebaiknya, fokuskan pada kelebihan diri. Cukup ketahui saja kekurangan diri dan tutuplah secara perlahan-lahan. Hal terpenting adalah selalu meningkatkan kelebihan diri.

5. Membesarkan masalah
Terbiasa membesarkan masalah juga merupakan sikap yang tidak baik. Terlalu sering menganggap masalah kecil sebagai masalah besar akan menurunkan motivasi diri kita. Jika masalah kecil saja dianggap besar, bagaimana dengan masalah besar yang sesungguhnya? Anda akan melihatnya sebagai masalah yang tak bisa diseleseikan. Sebaiknya, fokuskan pada solusi daripada berpikir tentang masalah kecilnya.

Hindari 5 sikap pelemah motivasi diri diatas agar motivasi diri Anda tetap terjaga. Motivasi yang terjaga akan membuat semangat Anda untuk meraih kesuksesan semakin tinggi. 
Title : Hindari 5 Sikap Pelemah Motivasi Diri
Description : Motivasi diri merupakan faktor yang penting dalam menjaga kita untuk terus meraih kesuksesan. Merupakan hal yang manusiawi ketika moti...

0 Response to "Hindari 5 Sikap Pelemah Motivasi Diri"

Posting Komentar