Manfaat Stress yang Terkelola dengan Baik

Manfaat Stress yang Terkelola dengan Baik
Semua orang pasti pernah mengalami stress. Stress adalah hal yang manusiawi yang pasti terjadi. Oleh karena itu, stress bukan untuk dihindari, stress ada untuk diatasi. Stress dapat dikendalikan dan dikelola untuk kemudian diatasi dengan baik. Stress yang terkelola dengan baik justru memiliki manfaat positif bagi diri kita. Nah, ini dia manfaat stress yang terkelola dengan baik.

1. Merangsang Kemampuan Otak
Stress yang dapat kita kendalikan dapat merangsang otak kita. Kehadiran stress merangsang produksi zat kimia otak yang bernama neurotrophins dan meningkatkan jaringan antar neuron di otak. Semakin tinggi stress yang datang, semakin baik kita mengelolanya maka rangsangan pada otak akan semakin tinggi. Hasilnya, konsentrasi dan produktivitas kita dalam berpikir dapat meningkat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tubuh akan mudah sakit ketika stress melanda. Hal ini adalah indikasi bahwa stress mempengaruhi kekebalan tubuh. Stress yang dapat terkelola dengan baik akan membuat kekebalan tubuh meningkat. Akibatnya kita jarang sakit dan memiliki tubuh yang sehat.

3. Meningkatkan Kemampuan Bertahan
Situasi stress yang dapat melatih kita menangani kondisi stress tersebut. Semakin sering stress yang kita tangani maka semakin meningkat kemampuan kita bertahan menangani kondisi rumit tersebut. Pengulangan penanganan stress tersebut membuat diri kita semakin dapat mengontrol fisik dan psikologis kita. 

4. Memotivasi Untuk Sukses
Biasanya deadline waktu pekerjaan atau tugas yang semakin mepet akan memaksa kita semakin cepat dalam berpikir dan mengerjakan pekerjaan tersebut. Kondisi stress yang terjadi telah memaksa kita mengeluarkan seluruh kemampuan yang kita miliki untuk menyeleseikannya. Semakin kita stress dan semakin kita mengatasinya maka semakin merangsang pikiran lebih cepat dan produktif.

5. Meningkatkan Perkembangan Anak
Ketika seorang ibu hamil, seringkali  mengalami kondisi stress. Sebuah studi dari John Hopkins tahun 2006 menunjukkan bahwa perempuan yang selama kehamilan mengalami stress ringan hingga sedang malah menunjukkan keterampilan perkembangan.

Kondisi stress yang datang menghampiri tak perlu lagi dihindari. Kelola stress yang ada agar dapat diraih manfaatnya dengan lebih baik. Mari manfaatkan stress untuk semakin mengembangkan diri ke arah yang jauh lebih baik lagi.
Title : Manfaat Stress yang Terkelola dengan Baik
Description : Semua orang pasti pernah mengalami stress. Stress adalah hal yang manusiawi yang pasti terjadi. Oleh karena itu, stress bukan untuk dihi...

0 Response to "Manfaat Stress yang Terkelola dengan Baik"

Posting Komentar