Bagaimana Mempertajam Intuisi Anda?

Intuisi adalah pengetahuan yang muncul secara tiba-tiba tanpa proses berpikir. Sehingga intuisi seringkali muncul tanpa kita sadari. Intuisi terjadi sebagai akibat dari pengalaman masa lalu yang tersimpan di alam bawah sadar kita. Pengalaman tersebut dapat muncul secara otomatis sebagai sumber informasi untuk membuat suatu keputusan. Pengalaman tersebut tidak hanya pengalaman kita pribadi, namun bisa juga pengalaman orang lain yang kita ketahui.



Selain itu, intuisi juga bisa berasal dari cara berpikir menyimpang dan tidak obyektif yang disebut dengan bias. Ada pula intuisi yang berasal dari asumsi atau dugaan yang disebut heuristik. Bias dan heuristik merupakan interpretasi terhadap sesuatu yang tertanam dalam pikiran bawah sadar dan bisa muncul sewaktu-waktu. Lalu, apakah intuisi dapat dipertajam? Tentu saja intuisi dapat dipertajam dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertajam intuisi Anda.

1. Memperbanyak pengalaman
Jika Anda ingin mempertajam intuisi, cara yang paling mudah dilakukan adalah memperbanyak pengalaman dalam bidang tersebut. Dengan demikian Anda akan memiliki gudang pengetahuan di alam bawah sadar yang dapat aktif sewaktu-waktu. Semakin banyak pengalaman dalam bidang tersebut maka semakin tajam intuisi Anda. Sebaliknya, semakin sedikit pengalaman, maka semakin lemah intuisi Anda. Bahkan, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, Anda bisa tidak memiliki intuisi sama sekali dalam bidang tersebut. Memperbanyak pengalaman ini bisa Anda tempuh dengan banayk berlatih.

2. Belajar dari pengalaman orang lain
Apabila poin pertama tidak memungkinkan maka ada cara lain untuk mempertajam intuisi dalam suatu bidang. Caranya, Anda harus melengkapi pengetahuan dalam bidang tersebut dengan pengalaman dari orang lain. Sehingga semakin banyak pengetahuan Anda miliki dari pengalaman orang lain maka semakin tajam pula intuisi yang akan muncul.

3. Memperbanyak informasi dari berbagai sumber
Informasi juga amatlah penting untuk mempertajam intuisi. Informasi saat ini bisa Anda akses dari buku, internet atau media online lainnya. Dengan semakin mudahnya memperoleh informasi ini maka memungkinkan Anda mengetahui banyak hal dalam berbagai bidang sekaligus. Pengetahuan ini akan semakin membantu mempertajam intuisi jika sesekali Anda mencobanya secara langsung.

4. Mengatur fokus
Mengatur fokus sangat penting agar fokus Anda tidak menyimpang dari suatu masalah. Salah fokus dapat mengakibatkan informasi yang diberikan menyimpang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika Anda tidak fokus maka informasi yang menyimpang tersebut bisa masuk ke alam bawah sadar dan muncul sebagai intuisi. Tentu ini akan menjadi intuisi yang menyesatkan atau menyimpang. Berlatihlah untuk mengatur fokus Anda untuk mempertajam intuisi.

5. Menghindari berpikir bias dan heuristik
Intuisi tidak mustahil luput dari kekeliruan. Terutama intuisi yang berasal dari bias dan heuristik. Oleh karena itu, meminimalisir kekeliruan intuisi dengan menghindari berpikir bias dan heurisitik. Jika Anda terbiasa berpikir dengan kedua cara itu, maka lengkapi informasinya dengan cara memperbanyak pengatahuan dan pengalaman dari berbagai sumber. Sehingga intuisi dapat muncul secara cepat dan tepat.

Intuisi bukanlah hal yang mustahil untuk dipelajari dan dilatih. Intuisi dapat dilatih dan dipertajam untuk membantu kita menghadapi berbagai masalah dan mengambil keputusan yang tepat. Oleh karena itu, mempertajam intuisi merupakan hal yang sangat perlu kita terus latih.

Title : Bagaimana Mempertajam Intuisi Anda?
Description : Intuisi adalah pengetahuan yang muncul secara tiba-tiba tanpa proses berpikir. Sehingga intuisi seringkali muncul tanpa kita sadari. Intuis...

0 Response to "Bagaimana Mempertajam Intuisi Anda?"

Posting Komentar