7 Langkah Tumbuhkan Motivasi Kerja Bagi Karyawan

Bagi seorang karyawan, bekerja tidak hanya sekedar aplikasi kemampuan diri namun juga tanggung jawab yang harus diselesaikan. Dalam bekerja tentu ada saatnya rasa jenuh dan hilang semangat bekerja. Hal tersebut sangatlah wajar. Namun, jangan juga menjadi alasan untuk seorang karyawan menjadi tidak produktif dan malas bekerja.

7 Langkah Tumbuhkan Motivasi Kerja Bagi Karyawan

Saat kita mulai merasakan gejala-gejala tersebut, ada baiknya segera kembali introspeksi diri. Menganalisa kembali ganjalan yang membuat pikiran tidak tenang dan semangat hilang. Lalu kita buat terobosan untuk kembali melaju ke depan. Nah, berikut ini ada 7 langkah tumbuhkan motivasi kerja bagi karyawan agar kembali produktif dan bersemangat.

1. Temukan faktor pemicu

Gejala-gejala hilangnya semangat kerja, biasanya dipicu oleh beberapa keadaan. Keadaan ini bisa dari lingkungan kerja ataupun dari lingkungan luar kerja. Apakah Anda memiliki masalah dengan rekan kerja, atasan? Apakah ada masalah dengan upah yang Anda terima? Apakah ada masalah di dalam keluarga?

Temukan faktor pemicunya terlebih dahulu. Anda harus tahu sebab, mengapa Anda menjadi hilang semangat tidak seperti biasanya. Nah, perlu kejujuran untuk menemukan faktor pemicu tersebut. 

2. Beri jeda waktu istirahat

Setelah Anda menemukan beberapa pemicu hilangnya semangat kerja tersebut, langkah selanjutnya istirahatlah sejenak. Berikan waktu pada pikiran dan fisik kita untuk mengendurkan ketegangan sejenak. Nikmati apa yang Anda suka.

Jika Anda memiliki waktu dan dana yang cukup, refreshing ke suatu tempat bisa menjadi pilihan di akhir pekan. Tidak harus pergi ke tempat jauh. Jika Anda merasa nikmat dengan seduhan kopi hangat dengan musik klasik, maka lakukanlah. Setelah Anda merasa sedikit tenang, coba selesaikan sebab Anda hilang semangat. 

3. Berbagilah dengan berbicara

Tidak semua orang mampu menahan semua permasalahan di otaknya. Memendam masalah tidak akan menyelesikan masalah, tapi malah memperburuk kondisi diri. Jika Anda memiliki rekan yang dapat dipercaya, maka berbagilah dengannya. Rekan yang baik, tak hanya berbagi hal yang menyenangkan namun juga hal sulit. Seringnya, kita akan menemukan sudut pandang yang berbeda dari kepala yang berbeda.

Ceritakan apa yang Anda rasakan dan apa yang terjadi. Dengan menumpahkan sedikit isi kepala Anda, maka beban seakan berkurang. Sekarang Anda mampu berpikir jernih lagi. Apalagi jika rekan Anda mampu memberikan kembali motivasi untuk bersemangat. Maka, kini setengah semangat Anda telah pulih kembali.

4. Ingat tujuan besar Anda

Sekarang, ingat kembali tujuan besar yang ingin Anda raih di dunia ini. Kebahagiaan seperti apa yang Anda inginkan. Ingatlah tujuan hidup Anda, untuk siapa Anda bekerja dan alasan Anda bekerja. Tentu Anda tak ingin kehilangan karir yang telah dirintis karena suatu permasalahan yang dapat diseleseikan.

Ingatlah bahwa tak ada masalah yang tak memiliki jalan keluar. Semua pasti ada jalannya. Tugas Anda hanyalah mencari jalan hingga tujuan besar Anda tercapai. 

5. Baca buku pengembangan diri

Kini banyak sekali buku-buku pengembangan diri yang bisa Anda pelajari. Bacalah dan pelajari apa yang ada di dalamnya. Buku-buku pengembangan diri akan memberikan Anda motivasi baru. Motivasi dengan sudut pandang yang mungkin baru bagi Anda.

Tak hanya buku, membaca artikel-artikel motivasi dan cerita-cerita motivasi juga dapat menambah semangat baru Anda. Dari sana Anda akan belajar hal baru yang mungkin relevan dengan yang Anda jalani sekarang. Kata-kata positif Anda tanamkan dalam diri agar menjadi pribadi yang lebih pantang menyerah lagi. Bila perlu, pasang juga poster-poster motivasi untuk mengingatkan kata-kata positif tersebut.

6. Tumbuhkan sikap positif

Sikap positif membawa pengaruh besar terhadap motivasi Anda. Tumbuhkan sikap positif dalam diri agar memberikan sinyal positif pula dalam keseharian kerja. Perbaiki sikap ke rekan kerja menjadi lebih ramah, simpati dan baik hati. Perbaiki postur duduk Anda, cara berjalan agar lebih bersemangat menjalani hari. Postur yang posisitf akan membawa dampak pada motivasi kerja yang baik. 

Hindari rekan-rekan yang negatif dan memicu Anda kehilangan motivasi lagi. Hindari bergosip atau membicarakan orang lain. Lebih baik menambah rekan-rekan kerja yang baru untuk meningkatkan networking.

7. Mulailah hari yang baru

Sekarang, Anda 100% bersemangat kembali. Mulailah ahli dengan senyum dan selesaikan pekerjaan dengan baik. Tak peduli apapun komentar negatif orang lain, kini Anda hanya akan berpikir positif untuk meraih tujuan besar yang Anda dambakan. 

Motivasi kerja jangan dianggap sebelah mata. Saat gejala-gejala semangat kerja hilang, segera perbaiki keadaan. Jangan menunggu lama karena bisa malah semakin menambah kemalasan. Akhirnya akan merusak karir Anda sendiri. Oleh karena itu, bersegeralah lakukan 7 langkah ini untuk menumbuhkan motivasi kerja kembali. 
"Seorang pemenang tidak akan guncang hanya karena karang menghadang"
-Hasta kiyoshi-

Title : 7 Langkah Tumbuhkan Motivasi Kerja Bagi Karyawan
Description : Bagi seorang karyawan, bekerja tidak hanya sekedar aplikasi kemampuan diri namun juga tanggung jawab yang harus diselesaikan. Dalam bekerj...

0 Response to "7 Langkah Tumbuhkan Motivasi Kerja Bagi Karyawan"

Posting Komentar