Hindari 5 Hal Pengganggu Konsentrasi Kerja

Hindari 5 Hal Pengganggu Konsentrasi Kerja
Setiap pekerjaan tentu membutuhkan konsentrasi agar dapat berjalan secara maksimal. Namun terkadang konsentrasi sering terganggu dengan kehadiran hal-hal yang diharapkan. Selain kita dituntut untuk meningkatkan ketajaman konsentrasi, perlu juga menghindari pengganggu konsentrasi tersebut. Berikut ini 5 hal pengganggu konsentrasi kerja yang harus dihindari.

Banyak E-mail masuk
Email yang masuk tidak selalu harus dibuka dan dibalas setiap menit, karena akan menghambat pekerjaan. Sebaiknya luangkan waktu pada waktu-waktu tertentu untuk mengecek email. Misalnya setiap 30 menit atau 1 jam. Kemudian baca dan balas email-email penting segera. Jangan berlama-lama dengan email-email yang bisa dibaca kapan saja. Anda akan betul-betul bisa konsentrasi bekerja dalam durasi tersebut. 

Media sosial

Media sosial memang banyak sekali membantu dalam update informasi dan berita. Namun, media sosial juga bisa jadi pengganggu konsentrasi kerja. Arus informasi yang begitu cepat membuat rasa penasaran semakin tinggi, bahkan pada informasi yang tak penting bagi kehidupan kita. Sebaiknya, silent notifikasi media sosial atau sign out pada jam kerja. Luangkan waktu pada jam tertentu untuk mengecek dan membalas pesan. 

Telepon genggam (Handphone)
Handphone sepertinya sudah menjadi bagian dalam gaya hidup kita sehari-hari. Foto selfie, upload foto, musik dan aplikasi lainnya bisa jadi pengganggu konsentrasi kerja. Pekerjaan bisa terhambat karena kebiasaan dengan handphone. Oleh karena itu, sebaiknya tahan diri untuk menggunakan handphone dalam situasi kerja untuk hal-hal diluar pekerjaan.

Rasa bosan dan jenuh
Konsentrasi kerja juga dapat terganggu jika terlalu lama berada dalam lingkup pekerjaan setiap hari. Perasaan jenuh dan bosan yang melanda akan menghambat konsentrasi kerja. Sebaiknya luangkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan, santai minum kopi atau memutuskan tiap weekend untuk berlibur. Hal ini efektif menghilangkan jenuh dan bosan.

Stres dan lelah
Pekerjaan menumpuk, deadline tugas tinggal menghitung hari dan tugas dari atasan akan menimbulkan stres tersendiri. Jika tidak dikelola dengan baik maka akan mengganggu konsentrasi kerja kita. Oleh karena itu, atur ritme kerja Anda dan kelola stres dengan baik. Lakukan manajemen waktu dengan baik dan luangkan waktu untuk istirahat, olahraga atau meditasi. Hal ini akan mengembalikan konsentrasi kerja Anda.

Konsentrasi kerja memang perlu dijaga untuk meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itu, hindari hal-hal pengganggu konsentrasi kerja dan fokus dalam pekerjaan.Selamat berkarya!
Title : Hindari 5 Hal Pengganggu Konsentrasi Kerja
Description : Setiap pekerjaan tentu membutuhkan konsentrasi agar dapat berjalan secara maksimal. Namun terkadang konsentrasi sering terganggu dengan ...

0 Response to "Hindari 5 Hal Pengganggu Konsentrasi Kerja"

Posting Komentar