Kunci Sukses Dari Gerak Gerik Tubuh


Kunci sukses terkadang tak hanya bisa dilihat dari kemampuan seseorang berbicara dan memecahkan masalah, tapi juga dari gerak-gerik tubuhnya. Saat berbicara dengan lawan bicara, saat menghadapi kolega atau rekan bisnis, gerak-gerik seseorang bisa menentukan apakah ia bisa sukses menaklukkan banyak tantangan dan mencapai kesuksesan atau tidak. Lantas, seperti apa gerak-gerik tubuh yang harus dikuasai dan dihindari jika ingin terlihat sebagai orang yang sukses dan potensial? Berikut triknya:

Do: Menopang Dagu.
Gestur seperti ini sering diperlihatkan oleh orang-orang sukses. Lihat saja beberapa sampul buku para pesohor dunia seperti Hllary Clinton atau Steve Jobs, semua menunjukkan pose menopang dagu. Pose berpikir sambil menopang dagu seperti memperlihatkan gestur bahwa saat datang masa-masa sulit, orang tersebut bisa menciptakan solusi terbaik.

Don’t : Menarik Bibir ke Dalam.
Menyembunyikan bibir Anda ke bagian dalam mulut seolah menunjukkan bahwa Anda tengah merahasiakan sesuatu atau tegah menyimpan beban yang tak tersalurkan. Beberapa tokoh dunia saat melakukan pengakuan memalukan, mereka selalu terlihat menarik bibir ke bagian dalam mulut mereka. Perhatikan saja. Saat politikus handal Amerika Serikat, Anthony Weiner, bercerita soal skandal akun twitternya yang di-hacked , bibirnya tertarik ke dalam mulut. Itu sebagai tanda seseorang ingin menyembunyikan emosi dan tidak nyaman untuk berbagi.

Do : Pertemukan Jari dengan Jari
Perhatikan saja, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sering melakukan kebiasaan ini, mempertemukan lima jari di tangan kiri dengan lima jari di tangan kanan seolah membentuk kurva. Gestur itu bisa menunjukkan tingkat kekuasaan seseorang. Oprah dan Donald Trump juga kerap melakukan gestur seperti itu. Presiden Barack Obama juga sesekali menujukkan kebiasaan serupa, yang juga menunjukkan sifat kepedulian.

Don’t : Terlalu Banyak Memiringkan Kepala
Jangan pernah berbagi informasi dengan posisi kepala miring. Gestur sepetri ini seperti mengindikasikan bahwa Anda tidak setuju atau sepaham dengan informasi tersebut. Kalau cuma berbicara biasa sih, memiringkan kepala tidak ada salahnya, tapi tetap perhatikan arah kemiringan kepala. Kalau Anda memiringkan kepala ke arah kanan, Anda akan dinilai lebih atraktif. Sementara jika memiringkan kepala ke kiri, Anda akan dinilai lebih pintar dan bijaksana.

Do : Menyilangkan Tangan
Menyilangkan tangan tak selamanya berarti bahwa Anda angkuh dan bossy . Lupakan stigma itu. Kalau anda berada di sekeliling teman-teman Anda, tak ada salahnya menyilangkan dua tangan Anda. Gerakan itu akan bisa membantu Anda memecahkan masalah lebih cepat karena gerakannya membutuhkan aktivitas di dua sisi tubuh yang berbeda, sehingga bisa membantu dua sisi otak Anda bekerja dengan baik, yakni sisi logika dan kreatif. Riset menunjukkan bahwa menyilangkan tangan bisa membuat pelakunya bisa bertahan lebih lama di tugas-tugas yang sulit.

Don’t : Mengernyitkan Hidung
Jangan pernah melakukan ini jika Anda tidak ingin mendapatkan kesan dari lawan bicara bahwa Anda tidak suka, bahkan jijik terhadapnya. Meski terlihat sepele, tapi cobalah Anda perhatikan diri Anda di cermin saat mengernyitkan hidung Anda. Pasti Anda sendiri tidak akan tahan jika berhadapan dengan orang yang melakukan hal yang sama terhadap Anda. Sebaliknya, tebarkan senyum dan jabat erat tangan lawan bicara untuk menunjukkan rasa hormat.


Title : Kunci Sukses Dari Gerak Gerik Tubuh
Description : Kunci sukses terkadang tak hanya bisa dilihat dari kemampuan seseorang berbicara dan memecahkan masalah, tapi juga dari gerak-gerik tu...

0 Response to "Kunci Sukses Dari Gerak Gerik Tubuh"

Posting Komentar